Facebook Twitter Google+ Pasang Iklan

Mengatasi Motor Mogok karena Banjir


Mengatasi Motor Mogok karena Banjir | Pada musim hujan ini para warga pastinya tidak hanya berdiam diri dirumah, mereka sama halnya seperti musim-musim yang lain beraktifitas seperti, bekerja, sekolah, belanja, dll. Di jaman modern ini pasti semua melakukan hal tersebut dengan menggunakan kendaraan baik itu mobil, motor, dll. Bagi pendara motor di musim hujan ini banyak motor yang mogok, terutama di daerah-daerah yang suka banjir, contohnya di jakarta, jika mator anda mogok karena banjir, berikut solusi untuk Mengatasi Motor Mogok karena Banjir:

Langkah pertama ketika motor mogok setelah menerjang banjir adalah tetap tenang dan cari tempat teduh atau tempat yang memungkinkan Anda leluasa memeriksa tunggangan Anda tersebut.

Setelah itu, keluarkan peralatan yang biasanya menjadi bawaan standar motor seperti obeng atau kunci busi.

Lalu periksalah busi motor Anda. Sebab biasanya bagian ini cenderung basah setelah menghadapi banjir. Keringkan busi dan ruang busi yang ada di mesin. Caranya tinggal tempatkan kain ke lubang ruang busi tadi dan gunakan kick starter beberapa kali untuk membiarkan dorongan dari mesin mendorong air keluar.

Periksa pula saringan udara motor Anda. Karena biasanya setelah terendam banjir, komponen ini akan basah yang bila dipaksakan akan membuat motor Anda 'berebet' ketika dinyalakan nanti.

Bila bagian dalam saringan udara yang biasanya berbentuk busa atau saringan terlihat basah, maka untuk sementara copot saja saringan udara tersebut. Baru setelah sampai di rumah saringan udara itu dikeringkan dan dipasang kembali.

Setting ulang pula komposisi settingan bensin dan angin yang ada di karburator. Gunakan obeng untuk melakukannya dan perhatikan bunyi dan reaksi mesin motor Anda untuk menemukan settingan yang tepat.

Coba nyalakan dan kembalilah beraktivitas. Tapi setelah sampai di kantor atau di rumah jangan lupa jemur dan angin-anginkan saringan udara tadi, setelah dirasa kering, pasang lagi seperti semula.

Dan tidak kalah penting, usahakan periksa oli motor Anda. Sebab biasanya ketika banjir terjadi, air bisa merembes ke ruang oli yang akan membuat oli tercampur dengan air. Ketika itu terjadi, warna oli biasanya berubah menjadi putih.

Jangan panik. Untuk langkah awal, kuras ruang oli motor Anda. Hal itu bisa Anda lakukan sendiri.

Caranya, siapkan wadah untuk oli yang sudah memutih itu. Keluarkan oli tersebut. Setelah itu, belilah 1 liter bensin dan tuangkan setengahnya ke ruang oli. Lalu gunakan kembali kick starter untuk memompa bensin ke saluran oli yang kemungkinan juga sudah dimasuki air. Hal itu berguna untuk mendorong air keluar dan berkumpul di ruang oli.

Setelah kick starter beberapa kali, keluarkan bensin tersebut dari ruang oli melalui lubang di bawah mesin, tempat oli biasa dikeluarkan ketika ganti oli. Kemudian lakukan hal yang sama dengan berbekal setengah liter bensin yang tadi tersisa.

Lalu setelah semua selesai dan bila memiliki kompresor, semprotlah ruang oli itu dengan angin. Setelah itu, masukkan oli baru ke ruang yang baru di bersihkan tadi. Dan motor Anda telah siap sedia.

Hal-hal tadi bisa dilakukan sendiri dan untuk pertolongan pertama setelah banjir. Setelah 2-3 hari, periksa kembali oli motor Anda, apakah memutih, bila iya, berarti masih ada air yang tersisa. Ganti kembali oli tadi.

Dan yang pasti, setelah semua itu, datanglah ke bengkel resmi untuk pendapat perawatan lebih lanjut.
Sekian dulu untuk Mengatasi Motor Mogok karena Banjir, semoga bisa membantu anda dan bermanfaat.

Referensi: Detikoto
Setelah baca jangan lupa jempolnya..makasih..


Artikel Terkait:

Anda sedang membaca artikel tentang Mengatasi Motor Mogok karena Banjir dan anda bisa menemukan artikel Mengatasi Motor Mogok karena Banjir ini dengan url http://dhio89.blogspot.com/2012/03/mengatasi-motor-mogok-karena-banjir.html, dan terimakasih sudah membaca Mengatasi Motor Mogok karena Banjir, semoga uraian dan pembahasan tentang Mengatasi Motor Mogok karena Banjir Bisa Bermanfaat.

36 comments

March 04, 2012

Pertamax :D He pengalaman neh sob...Nice information sob semoga sangat bermanfaat, thanks for sahre

March 04, 2012

Wah, mantap nih infonya, dapat digunakan sewaktu-waktu kalo mogok, ane juga baru tau ternyata harus setting ulang komposisi settingan bensin dan angin yang ada di karburator, terima kasih sob

March 04, 2012

@ARMANiyah nie sob, oke semoga bermanfaat

March 04, 2012

@Fahri Samudraiyah sob bener banget, semoga bisa bermanfaat....

March 04, 2012

waduh... fotonya serem amat banjirnya... :(
btw nice info ya sob :)

March 04, 2012

manteb om,....

March 04, 2012

Klo jatuh gimana om?

Ech mantap infonya Gan,daerah Indonesia memang akrab dengan banjir.Maksih tipsnya sahabatku,happy weekend and happy blogging.

March 04, 2012

wajib juga nih sob, soalnya kemana-mana saya pakai motor sob...

March 04, 2012

Klo banjirnya 2Meter giman ya gan..kwkwk.. pissss

March 04, 2012

bisa dicoba klo lg terdesak dihutan..hheheheh... saling berkunjung,,,

March 04, 2012

ini yang paling penting gan 'tetap tenang dan cari tempat teduh atau tempat yang memungkinkan Anda leluasa memeriksa tunggangan Anda tersebut.' setuju, klo pikiran tenang apa yang agan ajarkan bisa di praktekan. tapi klo ud panik duluan, wah jadi objekan tukang bengkel gan.

March 04, 2012

Bagus tips'y
aku udah folow blog sobat di tunggu folback'y

March 04, 2012

mantap sob tipsnya, ane sering ngalamin nih dulu...

March 04, 2012

Hoho,,,alhamdulillah daerah yang saya tempati kagak pernah banjir besar, jadi belum pernah ngalamin sob :)
but nice tips ni :)

March 04, 2012

waduuh aku nggak ngerti soal motor dhe sobat.kalau mogok terus nggak ada orang pasti bawaanya nangis..wkwkwk

March 04, 2012

sekarang musim ujan...alhamdulillah gak pernah kejebak banjir, cuman sering ke ujanan.. gaswat kalau kejadiannya gitu soalnya gak bisa benerin motor he... thank's tips nya...

March 04, 2012

setuju, terlebih di daerah jakarta dan bekasi yang makanan sehari2nya adalah banjir.....
nice share...

March 05, 2012

wow jadi ngerti teknik ngakalin motor mogok. maklum biasanya cuma bisa naikin doang

March 05, 2012

@Widhi Ekoiyh sob, semoga bermanfaat

March 05, 2012

@Fikri Mumtazoke2

March 05, 2012

@mumtazjatuh kerumah sakit bos heheh

March 05, 2012

@Raihan Marie Ramadhansama2 gan, semoga bermanfaat. happy weekend and happy blogging juga.

March 05, 2012

@Asis Sugiantooke sobat, semoga bermanfaat

March 05, 2012

@dunia informatikadi tinggal ajah motornya heheh

March 05, 2012

@dwi save aremaoke2, terima kasih udah berkunjung

March 05, 2012

@cerita anak kostiyah gan intinya tenang dulu, kalau gak tenang gak bakal rampung hehe

March 05, 2012

@Gladyoke sob, nanti ane follow back

March 05, 2012

@Deindraoke, semoga adamanfaatnya

March 05, 2012

@IDEINI.COMoke, semoga adamanfaatnya

March 05, 2012

@Hairun NisYahehehe bisa di maklumin kok

March 05, 2012

@aimkazuhikooke, semoga ada manfaatnya

March 05, 2012

@Zaenal Abidinoke, semoga ada manfaatnya

March 05, 2012

@Wisata Murahoke, semoga ada manfaatnya

March 27, 2012

wah tips yang sangat bagus nich sob..

harga notebook
July 09, 2012

thanks gan atas saran,nya?

Post a Comment

 
Jangan Lupa Follow Dan Like ya!
Ikuti @dhio89