Facebook Twitter Google+ Pasang Iklan

Malaysia Klaim Tarian Tor-tor asal Indonesia (Sumut)

Malaysia Klaim Tarian Tor-tor asal Indonesia (Sumut) - Malaysia kembali mengklaim seni dan budaya Indonesia. Kali ini Tarian Tor-tor dan Paluan Gordang Sembilan masyarakat Mandailing, Sumatera Utara diklaim sebagai salah satu warisan budaya negara Malaysia.

Di Indonesia, dua kesenian itu dikenal sebagai kebudayaan masyarakat Batak, Sumatera Utara. Bahkan, tari Tor-tor selalu ditarikan dalam upacara adat masyarakat Batak.

Namun kini, Malaysia dengan berani akan meregistrasi kebudayaan itu berdasarkan Bab 67 Undang-undang Peninggalan Nasional 2005.

Klaim seni dan budaya Indonesia atas Malaysia bukan sekali ini saja dilakukan Malaysia. Sebelumnya Malaysia juga pernah mengklaim lagu Rasa Sanyange, Reog Ponorogo dan Angklung sebagai warisan budaya Malaysia.

Sebelumnya juga, Malaysia pernah mengklaim sejumlah kesenian asal Indonesia sebagai milik mereka. Malaysia pernah menampilkan tari Pendet asal Bali dalam video iklan 'Enigmatic Malaysia' di Discovery Channel.

Aksi ini memancing reaksi keras dari masyarakat Indonesia. Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat itu sempat marah atas klaim itu. Budayawan Malaysia juga menyesalkan klaim ini. Namun, Malaysia berkilah iklan pariwisata itu yang membuat bukan negaranya, melainkan pihak Discovery Channel.
Setelah baca jangan lupa jempolnya..makasih..


Artikel Terkait:

Anda sedang membaca artikel tentang Malaysia Klaim Tarian Tor-tor asal Indonesia (Sumut) dan anda bisa menemukan artikel Malaysia Klaim Tarian Tor-tor asal Indonesia (Sumut) ini dengan url http://dhio89.blogspot.com/2012/06/malaysia-klaim-tarian-tor-tor-asal.html, dan terimakasih sudah membaca Malaysia Klaim Tarian Tor-tor asal Indonesia (Sumut), semoga uraian dan pembahasan tentang Malaysia Klaim Tarian Tor-tor asal Indonesia (Sumut) Bisa Bermanfaat.

26 comments

June 18, 2012

wahhh parah nih malaysia...
mau ngajak perang nih...

June 18, 2012

Terima kasih atas artikelnya.

sepertinya anda berbakat untuk urusan membuat postingan yang ini, jujur saja kamu punya kelebihan tersendiri, dan saya akan berkunjung lagi bila ada waktu.



#Semoga sehat selalu :D

June 18, 2012

terus terus bagaimana tuh kelanjutannya? apa Malaysia sudah minta maaf dan mencabut pernyataan itu? menurut saya hikmahnya adalah orang Indonesia sendiri jadi tahu kalau ada tarian yang namanya Tari Tor Tor.. to be honest kadang masyarakat kita pun tidak aware akan budayanya sendiri, kalau sudah di claim negara lain baru deh pada marah2..

ayo perang lawan malaysia

kalau kita perhatikan iklan promo malaysia di tv kabel luar pasti akan tercengang.. budaya mereka hampir mirip dengan budaya Indonesia.. mungkinkah karena serumpun yang membuat mereka tidak jera

June 18, 2012

Malaysia berulah lagi rupanya!

June 18, 2012

malaisya kembali berulah.., kita liat aja gmn rekasi pemerintah Indonesia..., thx infox gan *smile

Malay memang lg memanfaatkan moment carut marutnya kondisi negera tercinta kita yang semakin ga nentu ini kayanya mas. Mungkin mereka fikir mumpung pejabat2 kita lagi sibuk2nya memperkaya diri dengan cara korupsi berjamaah, satu-satu aset berharga kita dicolongin...ironis kalu ngeliat kenyataan yg kayak gini.. :(

Selain Malay...bisa jadi negara-negara lain juga udah sempet ikut nyolong aset2 kita tanpa setau kita, sementara yg diatas sibuk korupsi berjamaah! Bisa jadi kan mas?

Thanks sharingnya.

ganyang aja malaysia lah..

June 19, 2012

Waduh malaysia ada-ada aja dah, kalau soeharto masih jadi presiden pasti bakalan marah besar, sunduluan sukses sobat

June 19, 2012

bukan mengklaim tapi cuma melestariakan katanya,
enak ya kalau semua kebudayaan dunia bisa diginikan

June 19, 2012

seenak dengkulnya tuh malaysia mengklaim tarian tor tor

June 19, 2012

Namanya juga Malingsia (Maling Asia)

June 19, 2012

bales malaisia mah ga aga selesainya, apalagi si buya yang bisa nya cuma planga plogo aja, ga ada gregetnya ma ginian. dia lebih seneng uang. jadi kita yang di permalukan juga...

June 19, 2012

Hhh... lagi lagi :(

June 19, 2012

GANYANG MALAYSIA... Indonesia butuh Soekarno kedua

June 19, 2012

Malaysia Lagi....

June 19, 2012

kurang ajar tu si M Alay Sia, beraninya main klaim dan comot budaya orang... ketahuan klo dia negara gak kreatif, tarian aja nyomot dr negara tetangga...

June 19, 2012

ayto donk pak esbeye. jangan tinggal diam. tantangin perang kek. !

June 19, 2012

waah iya bner sobb.. akhir akhir ini udah eksis banget tentang ,alaysia ini. aksinya erus bersambung yaa..

June 19, 2012

buset dah gan tu malaysia.. kita lihat aksi pemerintah nantinya :)

June 19, 2012

betul banget sob saya beberapa waktu lalu juga pernah posting artikel yang sama.. memang sekarang lagi rame dengan seringnya malaysia melakukan plagiarisme.. terhadap karya2 indonesia.. inih sungguh menyedihkan..

June 19, 2012

berkunjung malam sob

June 19, 2012

Waaaahhh ra beres iki gan :D
Gulung wae opo yuhhh? :D

SBY bisa-nya marah..tapi tidak bisa mengambil tindakan yang tegas atas malaysia...dari dulu sikap-nya selalu begitu saja :)

December 02, 2012

hanya perang yg bisa membungkam malasia..

Post a Comment

 
Jangan Lupa Follow Dan Like ya!
Ikuti @dhio89