Facebook Twitter Google+ Pasang Iklan

Tips Membeli Hewan Qurban Idul Adha | Hewan Qurban 2012

Tips Membeli Hewan Qurban Idul Adha - Pada tanggal 26 Oktober 2012 jika tidak ada perubahan Insya Allah tanggal 26 Oktober 2012 kita akan merayakan Hari Raya Idul Adha.


Pada Idul Adha kali ini mungkin diantara anda ada yang akan melaksanakan ibadah qurban. Biasanya hewan qurban di Indonesia terdiri dari sapi, kambing atau domba.

Lalu bagaimana memilih dan menentukan hewan yang baik untuk kita qurbankan, apa saja kriterianya. Berikut ini akan saya berikan Tips Membeli Hewan Qurban Idul Adha yang bisa anda simak langsung disini

1. Umur Hewan
Untuk hewan jenis sapi umur hewan yang baik sebagai hewan qurban adalah dua tahun, untuk domba enam bulan sampai satu tahun dan untuk kambing satu tahun.

Pada kambing apabila satu pasang gigi seri sudah berganti maka umur kambing tersebut sekitar satu tahun. Sedangkan pada domba pergantian satu pasang gigi seri dapat mempunyai arti bahwa umur domba tersebut sekitar 1 tahun. Untuk hewan sapi apabila satu pasang gigi seri sudah berganti dari gigi susu menjadi gigi tetap berarti umur sapi tersebut sudah sekitar dua tahun.

2. Hewan Tidak Cacat
Pastikan hewan yang akan anda gunakan sebagai hewan kurban adalah yang sempurna dan tidak mengalami cacat.

3. Perhatikan Tingkah Laku Hewan
Tingkah laku hewan yang sehat gesit, enerjik dan tidak loyo. Jangan memilih hewan qurban yang menyendiri, tidak bersemangat dan terlihat lesu karena itu menandakan gejala hewan tersebut tidak sehat atau sakit.

4. Perhatikan Cara Hewan Makan
Apabila hewan qurban menunjukkan nafsu makan yang lahap itu pertanda bahwa hewan tersebut baik. Sedangkan hewan yang terlihat tidak nafsu makan maka ada kemungkinan hewan tersebut sedang mengalami gangguan kesehatan.

4. Perhatikan Bagian:
- Mata
Pada bagian mata usahakan yang bersih tidak belekan, hewan yang sehat pada bagian dalam kelopak matanya berwarna pink, apabila bagian dalam kelopaknya pucat atau berwarna kuning sebaiknya jangan dibeli.

- Hidung
Pada hidung sedikit basah tetapi tidak becek itu tanda hewan sehat. Tetapi jika hewan terlihat sperti pilek dan keluar cairan dari hidungnya secara berlebihan apalagi ada gejala bersin-bersin kemungkinan hewan tersebut tidak dalam kondisi yang sehat.

- Anus
Hal terkahir yang perlu diperhatikan adalah keadaan anus hewan. Apabila disekitar anus hewan terlihat kotor berarti ada indikasi hewan tersebut mengalami diare. Perhatikan juga kotoran yang ada disekitar hewan tersebut, apabila ditemukan kotoran yang encer berarti benar hewan tersebut mengalami diare dan hewan tersebut sebaiknya jangan anda pilih.

5. Mengajak Orang Yang Mengerti Hewan
Dan yang terakhir adalah Mengajak Orang Yang Mengerti Hewan yang bisa sangat bermanfaat untuk anda membeli hewan qurban, karna dia tau persis kondisi hewan tersebut, seperti umur, kesehatan, dll.

Demikian Tips Membeli Hewan Qurban Idul Adha yang saya ambil dari berbagai sumber, semoga Tips Membeli Hewan Qurban Idul Adha ini bisa bermanfaat bagi anda semua, yang hendak berQurban..
Setelah baca jangan lupa jempolnya..makasih..


Artikel Terkait:

Anda sedang membaca artikel tentang Tips Membeli Hewan Qurban Idul Adha | Hewan Qurban 2012 dan anda bisa menemukan artikel Tips Membeli Hewan Qurban Idul Adha | Hewan Qurban 2012 ini dengan url http://dhio89.blogspot.com/2012/10/tips-membeli-hewan-qurban-idul-adha.html, dan terimakasih sudah membaca Tips Membeli Hewan Qurban Idul Adha | Hewan Qurban 2012, semoga uraian dan pembahasan tentang Tips Membeli Hewan Qurban Idul Adha | Hewan Qurban 2012 Bisa Bermanfaat.

7 comments

Gak kerasa ya bentar lagi kita bakal menyongsong idul adha,
Mudah2an minggu ini ada rejeki lebih untuk kurban.

Makasih tipnya, mas...salam kenal dari Direktori Penerjemah Indonesia :)

October 22, 2012

Tips yang perlu kita lakukan dalam membeli hewan untuk dijadikan qurban

October 22, 2012

Memang harus diperhatikan agar qurban kita diterima sob. Makasih tipsnya.

October 22, 2012

penting nie bang, soalnya banyak terjadi kecurangan pada saat penjualan hewan, tadi saya baru denger beritannya.

October 22, 2012

terima kasih tips2nya sobat, sangat bermanfaat buat yang melaksanakannya nanti :)

October 22, 2012

artikel yg bermanpaat jadi tau nih salam kenal

October 22, 2012

nomer lima itu spertinya paling praktis bang.

Post a Comment

 
Jangan Lupa Follow Dan Like ya!
Ikuti @dhio89