Facebook Twitter Google+ Pasang Iklan

Cara Membuat Ketupat Lebaran

Cara Membuat Ketupat - Memang sudah tidak terasa yah sebentar lagi kita akan menyambut lebaran 2013 yang memang sangat ditunggu-tunggu. Nah untuk kesempatan kali ini saya akan mencoba berikan artikel mengenai Cara Membuat Ketupat kepada sobat sekalian yang ingin membuat ketupat yang memang sangat sering kita jumpai ketika lebaran tiba

Pada sebelumnya juga saya telah berikan artikel mengenai Cara Membuat Kolak Pisang yang bisa sobat baca juga. Oke langsung saja berikut ini Cara Membuat Ketupat yang bisa sobat lihat cara nya dibawah ini

Bahan - bahan membuat Ketupat :

- Beras, cuci sampai bersih dan tiriskan
- Bungkus/Anyaman ketupat yang masih kosong
- Air secukupnya

Sebelumnya buat kamu yang belum pandai membuat anyaman Ketupat, Untuk panduan cara membuat anyaman ketupat silahkan lihat gambar dibawah ini :

Cara Membuat Ketupat Lebaran

Cara Membuat Ketupat :

1. Beras yang sudah Anda cuci direndam di air selamat kurang lebih 3 jam. Kemudian tiriskan dan campurkan dengan sedikit kapur sirih. Kapur sirih digunakan untuk membantu proses pemadatan.

2. Masukkan beras ke dalam bungkus/anyaman ketupat. Porsi beras tidak lebih dari 2/3 bagian isi.

3. Didihkan air, kemudian masukkan ketupat yang sudah diisi beras tadi. Rebus kurang lebih selama 4 sampai 5 jam sampai matang. Dan pastikan ketupat selalu terendam. Anda bisa menambahkan air panas jika ketupat tidak terendam.

4. Angkat, kemudian siram dengan air matang dingin agar kulit ketupat tetap bersih, tiriskan dengan digantung hingga kering.

Ada juga cara lain untuk membuat ketupat, yaitu dengan cara memasak beras terlebih dahulu setengah matang (diaron) kemudian masukkan ke dalam bungkusan ketupat.

Sekian dulu untuk postingan yang berjudul Cara Membuat Ketupat Lebaran kali ini, sampai jumpa lagi diartikel menarik lainnya.
Setelah baca jangan lupa jempolnya..makasih..


Artikel Terkait:

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Membuat Ketupat Lebaran dan anda bisa menemukan artikel Cara Membuat Ketupat Lebaran ini dengan url http://dhio89.blogspot.com/2013/07/cara-membuat-ketupat-lebaran.html, dan terimakasih sudah membaca Cara Membuat Ketupat Lebaran, semoga uraian dan pembahasan tentang Cara Membuat Ketupat Lebaran Bisa Bermanfaat.

1 comment

July 23, 2013

Makasih tutorialnya sob
izin simpan ya nanti dipraktekkan menjelang lebaran :)

Post a Comment

 
Jangan Lupa Follow Dan Like ya!
Ikuti @dhio89